Mengenal Ikan Piranha

Mengenal Ikan Piranha. Piranha yang sangat sensitive dan tertarik dengan bau darah ini terkenal sebagai ikan buas yang ditakuti, dengan giginya yang kuat, runcing dan tajam. Piranha dapat mencapai panjang maksimal hingga 30 cm dan makanan ikan ini adalah ikan, reptile, mamalia, serangga dan cacing. Piranha dapat berubah menjadi kanibal jika kondisi lingkungan yang memburuk seperti berkurangnya makanan di alam, ruang hidup dan oksigen dapat membuat mereka saling memangsa.

Mengenal Ikan Piranha


Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. piranha yang memiliki reputasi paling agresif adalah piranha perut merah, dalam bahasa latinnya Pygrocentrus Natterereri. Dari seluruh jenis ikan air tawar yang pernah dipelihara sebagai hiasan mungkin hanya jenis PIRANHA saja yang tidak diizinkan. Sebab jenis ikan ini tergolong jenis ikan yang berbahaya.

Jika dalam perairan ada binatang yang terluka, PIRANHA mempunyai indera penciuman yang sangat tajam sehingga dapat dengan mudah mengetahuinya. Bau darah tersebut akan merangsang ikan ini untuk bertindak dan memburu asal bau tersebut.

Serangan piranha sangat ditakuti karena dapat membunuh hewan atau manusia yang terjebak di sungai. Mereka memiliki deretan gigi runcing tajam serta paling tidak tahan melihat dan mencium bau darah Begitu mencium bau darah, ikan-ikan itu akan langsung menyerbu dalam gerombolan besar. Lalu menyobek-nyobek daging hingga tidak bersisa, menyisakan kerangka saja dalam waktu beberapa menit.

Karakteristik Ikan Piranha

  1. Piranha mempunyai kulit perak yang ditutupi cercak merah. Konon kata, perpaduan warna ini berfungsi sebagai kamuflase pada perairan yang mereka huni.
  2. Ternyata, tubuh Piranha bisa sampe 5,5-17 inci Guys, lalu beratnya sekitar 7,7 kilogram.
  3. Gigi Piranha sangatlah tajam dan runcing. Gignya pun tersusun rapi dalam satu baris. Kekuatan gigitannya ini bisa disamakan dengan kait yang terbauat dari perak
  4. Tulang rahang mereka sangatlah kuat. Bahkan, ikan tersebut mampu menghancurkan tulang tangan manusia dalam waktu 5-10 detik.
  5. Piranha juga dilengkapi dengan organ sensorik khusus yang mampu mendeteksi aliran darah dalam air
  6. Kelompok Piranha terdiri dari 1.000 ikan. Kelompok yang paling mereka musuhi adalah kelompok buaya, lumba-lumba dan kura-kura. Selain itu, perkawinan ikan ini juga terjadi pada bulan April dan Mei. Di setiap perkawinan itu, Piranha betina dapat memprduksi hingga 5.000 telur. Lalu, kemudian Piranha jantan dan betina mampu merawat telur itu hingga 90%nya berhasil menetas. Mereka juga hidup di alam liar hingga 25 tahun lamanya.


Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Piranha
http://www.satujam.com/ikan-piranha/

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top