Mengenal Hewan Panda

Mengenal Hewan Panda, Panda adalah hewan mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Panda tinggal di wilayah pegunungan, Panda adalah hewan yang asli berasal dari Cina dan tinggal di hutan belantara di pegunungan dengan cuaca yang dingin. Dalam bahasa Cina, panda disebut dengan ‘kucing beruang’. mata panda memang mirip dengan mata kucing, yaitu menyempit dalam gelap. dengan bentuknya mirip dengan beruang. Panda dapat dikenali dari bulunya yang berwarna hitam dan putih.

Mengenal Hewan Panda

Panda masa hidupnya adalah 20 hingga 30 tahun dan bisa mencapai ukuran panjang 1,5 meter dan tinggi 75 cm. sedangkan Berat panda jantan dewasa bisa mencapai 100 kg. Panda merupakan hewan karnivora, artinya binatang yang memakan daging. Akan tetapi, makanan panda yang terutama adalah tumbuh-tumbuhan, Secara teknis, panda adalah omnivora, karena memakan telur telur, dan juga serangga. Kedua makanan ini adalah sumber protein yang diperlukan.

klasifikasi taksonomi panda yang tepat diperdebatkan karena baik Panda Besar maupun Panda Merah memiliki ciri-ciri seperti beruang dan rakun. Namun, pengujian genetika mengungkapkan bahwa Panda Besar adalah beruang sejati dan termasuk keluarga Ursidae. Saudara terdekatnya dalam keluarga beruang adalah Beruang Berkacamata di Amerika Selatan. Sekarang masih diperdebatkan apakah Panda Merah termasuk keluarga Ursidae atau keluarga rakun, Procyonidae.

Panda merupakan spesies terancam punah, terancam akan kehilangan habitat dan tingkat kelahiran sangat rendah, Sekitar 1.600 panda diyakini masih hidup di alam. Panda Juga digunakan sebagai lambang World Wildlife Fund (WWF), organisasi pelestarian alam.

Panda pertama kali dikenal di dunia Barat pada 1869 oleh misionaris Perancis Armand David (1826–1900). Panda lama menjadi hewan favorit masyarakat, sebagian karena spesies ini lucu seperti bayi, mirip dengan boneka beruang hidup.

Peminjaman panda besar ke kebun binatang Amerika Serikat dan Jepang merupakan bagian penting diplomasi Panda Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1970-an karena peminjaman ini menandai sebagian pertukaran budaya pertama antara Tiongkok dan dunia Barat.

Namun, pada tahun 1984, panda sudah tidak lagi digunakan sebagai alat diplomasi. Alih-alih, Tiongkok mulai menawarkan panda kepada negara-negara lain untuk peminjaman hanya sepuluh tahun. Ketentuan peminjaman standar mencakup tarif hingga US$1.000.000 per tahun dan syarat bahwa anak yang lahir semasa peminjaman adalah milik Republik Rakyat Tiongkok.

Pada 1998 akibat tuntutan hukum oleh WWF, U.S. Fish and Wildlife Service mengharuskan kebun binatang AS yang ingin mengimpor panda agar memastikan bahwa setengah tarif yang dipasang Tiongkok disalurkan untuk upaya pelestarian panda liar dan habitatnya, barulah lembaga tersebut mau mengeluarkan izin pengimporan panda tersebut.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Panda
http://girls.kidnesia.com/Girls/Cerdas/Berbagi-Pengetahuan/Karakteristik-Hewan-Panda

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top