Mengenal Cendrawasih Gagak (Lycocorax pyrrhopterus)

Mengenal Cendrawasih Gagak (Lycocorax pyrrhopterus). Menurut Hanom Bashari, Biodiversity Conservation Specialist Burung Indonesia, mengatakan bahwa secara silsilah taksonomi, keluarga gagak (Corvidae) dan cendrawasih memang sangat dekat. Sehingga, dapat dikatakan cendrawasih gagak ini merupakan anggota keluarga cendrawasih yang kekerabatannya paling dekat dengan keluarga gagak. walaupun penampilan burung ini menyerupai gagak, namun secara silsilah masuk dalam keluarga cendrawasih.

Mengenal Cendrawasih Gagak (Lycocorax pyrrhopterus)

Ciri-Ciri Cendrawasih Gagak

Cenderawasih gagak (Lycocorax pyrrhopterus) adalah burung Cenderawasih yang menyerupai gagak berukuran sedang dengan panjang sekitar 34 cm. Bulunya gelap, lembut dan seperti sutera. Paruhnya hitam, warna mata merah karmin, dan memiliki suara panggilan yang miirp dengan suara gonggongan anjing. Burung jantan dan betinanya mirip. Burung betina sedikit lebih besar daripada burung jantan.

Habitat Cendrawasih Gagak

Jenis-jenis cendrawasih sebagian besar hidup di Papua dan pulau-pulau kecil sekitarnya, cendrawasih gagak (Lycocorax pyrrhopterus) ini dapat ditemukan di Kepulauan Maluku Utara saja. Umumnya, jenis ini menghuni hutan primer dan sekunder yang tinggi dan semak di tepi lahan budidaya, hingga ke permukiman masyarakat guna mencari buah-buahan hutan dan berbagai serangga sebagai pakan utamanya.

Jenis Cendrawasih Gagak

Berdasarkan Buku Panduan Lapangan Burung-burung di Kawasan Wallacea, cendrawasih gagak ini terbagi dalam tiga subjenis yaitu 

  1. Lycocorax pyrrhopterus morotensis yang berada di Morotai dan Rau; 
  2. Lycocorax pyrrhopterus pyrrhopterus yang berada di Halmahera, Kasiruta, dan Bacan; serta
  3. Lycocorax pyrrhopterus obiensis yang berada di Obi dan Bisa. 

Cendrawasih Gagak Hewan yang Dilindungi

Pemerintah telah menetapkan cendrawasih gagak sebagai jenis yang dilindungi melalui Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. IUCN (International Union for Conservation of Nature) memasukkan statusnya Risiko Rendah (Least Concern) yang berarti populasinya di alam masih stabil. Dan berdasarkan data Burung Indonesia, cendrawasih gagak merupakan satu dari 1.666 jenis burung yang meramaikan khazanah keragaman burung di nusantara.

Dikutip dari berbagai sumber

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top