Titanosaurus: Hewan Terbesar Yang Pernah Ada di Bumi

titanosaurus hewan terbesar di bumi


Apakah anda tahu apa hewan terbesar yang pernah ada di bumi? Apakah anda berpikir itu gajah? Mungkin gajah adalah jawaban bagi sebagian anak taman kanak-kanak. Apakah hewan terbesar itu Dinosaurus? Anda benar. Hewan terbesar yang pernah ada di bumi adalah dinosaurus. Tapi dinosaurus yang mana? T-rex? Salah. Yang paling benar adalah Titanosaurus. Dari namanya saja udah dapat dibayangkan betapa besarnya hewan ini.

Bagaimana anda melewatkan seluruh makanan anda setiap hari tanpa pernah mengunyah? Bagaimana anda berjalan dengan berjinjit ketika anda sepanjang empat Bis Transjakarta? Sementara jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mungkin "sangat tidak mungkin", para ilmuwan menjawab pertanyaan seperti itu mustahil setelah mengungkap apa yang terjadi pada  penggalian dinosaurus terbesar sepanjang masa.

Pada musim semi tahun 2014, seorang petani berkelililng di lading/tanahnya, mencari domba yang hilang. Dia berpikir ada sesuatu yang aneh tentang batu yang dipijaki domba tuanya. Dia melihat terus menerus dan mengira bahwa batu besar itu adalah benar-benar sebuah tulang. Dia memanggil para ilmuwan. Ketika mereka menentukan bahwa batu besar itu adalah tulang paha dinosaurus, peternakan di argentina yang sepi ini menjadi tempat penggalian dinosaurus yang paling penting selama lebih dari 100 tahun.

Sejak ditemukan kembali, tim internasional ahli biologi, pembuat model Hollywood, kru film BBC dan palaeontologists, dipimpin oleh Dr Diego Pol dan rekan-rekannya dari Museum Paleontologi Egidio Feruglio di Argentina, telah bekerja tanpa lelah, dan setelah 40.000 jam kerja, membuahkan hasil yang sangat mengejutkan. Tim tersebut menemukan bahwa tidak hanya herbivora raksasa, ini juga adalah spesies baru,  dan ini adalah dinosaurus terbesar yang pernah ada di bumi. Tim menemukan bahwa tujuh dari hewan-hewan ini benar-benar meninggal di tempat yang sama, setidaknya di tiga kesempatan yang berbeda, kira-kira 101.6 juta tahun yang lalu.
titanosaurus hewan terbesar di bumi di musium


Dinosaurus baru ini milik kelompok yang dikenal sebagai sauropods, binatang-binatang berleher panjang, bertubuh besar yang biasanya ditemukan berkeliaran di kawanan di latar belakang Hollywood blockbuster dinosaurus. Jika anda telah melihat Dippy di Museum Sejarah Alam di London, maka Anda akan tahu apa sauropod itu. Dalam kelompok menarik ini adalah dinosaurus herbivora yang besar, namun, hewan yang dikenal sebagai titanosaurus dan, seperti namanya, ini adalah raksasa yag nyata – hewan-hewan yang benar-benar mengguncang tanah. Mereka mengikuti dari kepunahan sauropods kecil, seperti beberapa diplodocids dan brachiosauridae, yang ditemukan di seluruh dunia. Amerika Selatan ini terutama kaya dalam fosil titanosaurus dan sudah, benar raksasa seperti Puertasaurus dan Argentinosaurus telah digali

Menggambarkan spesies baru merupakan topik yang sensitif, jadi memperkenalkan dinosaurus terbesar, kedua komunitas ilmiah dan dunia yang lebih luas akan menjadi tugas yang sangat besar. Semua orang ingin dinosaurus mereka raksasa untuk memegang gelar "terbesar" dan, dengan beberapa metode untuk menilai ukuran, tim harus memilili cara tertentu dari apa yang akan mereka temukan. Perkiraan ukuran tubuh dapat bervariasi menurut teknik yang digunakan dan pada berapa banyak kerangka diperoleh. Perkiraan untuk dinosaurus terbesar sebelumnya, Argentinosaurus, didasarkan pada kurang dari 20 tulang

Perbedaan dengan ini baru saja menemukan titanosaur adalah bahwa banyak dari kerangka telah ditemukan. Dari tujuh individu, 223 dalam keadaan utuh, memungkinkan dan memperkirakan timnya untuk menggunakan beberapa metode untuk mengembangkan ukuran yang mendekati sebenarnya. Hasilnya menunjukkan bahwa dinosaurus ini memiliki panjang 37 meter dan beratnya sekitar 70 ton, menjadikannya sebagai hewan terbesar pernah untuk berjalan di muka bumi.

Dinosaurus ini harus mempertahankan berat badan yang luar biasa berat pada empat kaki. Mereka begitu besar sehingga mereka mungkin menggunakan otot-otot untuk berlari dari paha mereka ke tengah-tengah bawah ekor mereka untuk memperoleh momentum untuk berjalan. Untuk bertahan hidup dari stres dan patah tulang yang dapat dengan mudah dihasilkan dari bobot ekstrim seperti itu, hewan-hewan ini tidak hanya berkembang untuk mengurangi jari-jari kaki mereka, memaksa mereka untuk berjalan di atas ujung kaki yang berbentuk tapal kuda dari tulang metacarpal yang berkurang, mereka berjalan dengan cara berjinjit, dengan bantalan kaki berdaging besar bantalan dampak ketika mereka bergerak.

Berat badannya mencapai hingga 15 gajah Afrika, spesies baru dinosaurus ini belum bahkan belum bernama dan meskipun kita masih sepenuhnya tidak dapat menjelaskan mengapa tujuh binatang itu ditemui bersama, Belum diketahui siapa yang membunuh mahluk raksasa ini karena tidak ada jejak tulang atau gigitan dalam penggalian tersebut. Namun, sebagai ukuran sebenarnya dari kerangka replika meluncurkannya di New York American Museum of Natural History, penemuan dengan ukuran super terletak tidak hanya untuk menginspirasi penggemar generasi baru dinosaurus tetapi akan menjadi perdebatan selama bertahun-tahun yang akan datang.


CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top