Mengenal Rusa Sambar Serta Klasifikasi Dan Karakteristiknya

Mengenal Rusa Sambar Serta Klasifikasi Dan Karakteristiknya. Hewan ini merupakan jenis rusa terbesar Bobot lahir anak rusa betina sekitar 3 kg, sedangkan yang jantan 4 kg. Berat minimal untuk kesiapan perkawinan baik, jantan atau betina 85 - 95 kg. Panjang badan berkisar antara 1,5 - 2,0 m dan tinggi badan 1,4 - 1,6 m.

Mengenal Rusa Sambar Serta Klasifikasi Dan Karakteristiknya


Rusa sambar atau sambar india adalah jenis rusa besar yang umum berhabitat di Asia. Spesies yang umum memiliki ciri khas tubuh yang besar dengan warna bulu kecoklatan. Sambar umumnya berhabitat di hutan dan bergantung pada tanaman semak atau rerumputan. Mereka umumnya hidup dalam kelompok dengan anggota 5 - 6 anggota. Rusa sambar (Cervus unicolor syn. Cervus aristotelis) mendiami sebagian besar Asia Selatan dengan batas sampai wilayah Himalaya.

Rusa Sambar (Cervus unicolor) merupakan rusa terbesar untuk daerah tropic dengan sebaran di Indonesia terbatas di pulau Sumatera, Kalimantan dan pulau kecil di sekitar Sumatera. Rusa sambar juga merupakan jenis rusa yang besar dan mempunyai kaki yang panjang, warna kulit dan rambut coklat tua, bagian perut berwarna lebih gelap sampai kehitam - hitaman, rambut kaku, kasar dan pendek. Berat badan bervariasi antara 185 – 260 kg dengan tinggi badan 140–160 cm. Jantan dewasa memiliki rambut surai yang panjang dan lebat dibagian leher dan atas kepala. Rusa Sambar mencapai dewasa pada umur 8 bulan dan dapat hidup hingga umur 11 tahun. Periode gestasi 7 bulan dan interval gestasi mencapai 1,5 tahun.

Warna bulu rusa sambar umumnya coklat dengan variasinya yang agak kehitaman (gelap) pada yang jantan atau yang telah tua. Ekor agak pendek dan tertutup bulu yang cukup panjang. Keadaan bulu termasuk kasar dan tidak terlalu rapat. Pada daerah leher bagian lateral, bulu membentuk suatu surai/malai (mane). Perubahan warna bulu dari coklat cerah menjadi lebih gelap, khususnya pada jantan dominan, sering terlihat bersamaan dengan masuknya pejantan ke musim kawin .

Klasifikasi Rusa Sambar (Cervus unicolor)

  1. Filum : Kordata
  2. Subfilum : Vertebrata
  3. Kelas : Mammalia
  4. Ordo : Artiodactyla
  5. Sub Ordo : Ruminansia
  6. Famili : Cervidae
  7. Genus : Cervus
  8. Spesies : Cervus unicolor
  9. Sub Spesies : Cervus unicolor

Karakteristik Rusa Sambar (Cervus unicolor)

  1. Rusa sambar (Cervus unicolor) termasuk golongan ruminansia yang mempunyai tingkah laku jelas berbeda dengan ruminansia lain, yaitu mempunyai ketajaman pendengaran, penciuman, kecepatan melompat dan berlari cukup tinggi. 
  2. Rusa sambar dewasa berbadan besar, tungkai panjang, hidung gelap dan suara khas melengking nyaring. 
  3. Tubuh berwarna hitam kecoklat-coklatan dan cenderung coklat ke abu - abuan atau ke merah – merahan, warna gelap sepanjang bagian atas. 
  4. Bobot rusa sambar dewasa (10-12 bulan), betina berkisar 80 - 90 kg sedangkan yang jantan antara 90 - 125 kg. Panjang badan berkisar 1,5 m dan tinggi badan 1,4 – 1,6 m. Bobot lahir 3-4 kg. 
  5. Perkawinan alami secara umum berkisar antara bulan Juli sampai September, masa bunting lebih kurang 235 hari atau 7-8 bulan dan Calving Internal 10-12 bulan. 
  6. Rusa selalu mencari tempat yang aman seperti semak-semak saat akan melahirkan. 
  7. Anak akan bersembunyi selama 1-2 minggu, kemudian bergabung dengan kelompok. 
  8. Anak yang lahir dengan mendapat perlakuan dari manusia seperti pada rusa tangkaran akan menunjukkan sifat yang lebih jinak. 
  9. Pertumbuhan tanduk hanya pada rusa jantan, tumbuh pada umur 14 bulan. 
  10. Tanduk pertama hanya berbentuk lurus dan akan bercabang pada tumbuh tanduk berikutnya. 
  11. Tanduk akan lepas pada umur 10-12 bulan setelah tumbuh, selanjutnya akan tumbuh kembali.

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top